Minggu, 22 September 2013

Pengertian Jaringan Komputer
  Jaringan komputer adalah jaringan yang terhubung dalam sebuah kesatuan yang terdiri dari komputer, printer, dan peralatan yang lain sehingga bisa digunakan bersama-sama. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data dapat juga melakukan percetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan.

  Setiap komputer ataupun perangkat-perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan, atau bahkan jutaan node. Komputer-komputer tersebut bisa saja memiliki tipe yang berbeda-beda, menggunakan sistem operasi yang berbeda, dan menggunakan program/aplikasi yang berbeda pula. Akan tetapi, komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer harus memakai aturan komunikasi (protokol) yang sama. Hal ini dimaksudkan agar masing-masing komputer dapat berkomunikasi yang baik dengan komputer yang lainnya. Protokol yang menjadi standar internasional adalah TCP/IP (Transmission Control Protocoll Internet Protocol).

Penggolongan Jaringan
1.Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Wilayanhnya
a.  LAN (Local Area Network)
  Jaringan komputer yang hanya menjangkau satu   ruang atau gedung, sehingga hanya digunakan   untuk menghubungkan jaringan lokal dengan   sebuah server utama.
b.MAN (Metropolitan Area Network)
  Jaringan komputer yang hanya mengjangkau satu kota atau pengembangan dari LAN dengan jangkauan area yang lebih luas.
c. WAN (Wide Area Network)
Jaringan komputer skala luas (WAN) merupakan pengembangan dari MAN dan telah melibatkan lebih dari satu server utama, masing-masing server utama saling terhubung dan setiap komputer yang terhubung ke jaringan akan dapat saling mengakses server tersebut.
d.Internet (Interconnected Network)
  Jaringan komputer yang mencakup area global atau seluruh dunia. Internet adalah gabungan dari LAN, MAN, WAN, sehingga informasi, berita, hiburan, dan komunikasi yang diperoleh berasal dari berbagai belahan dunia.

2.Tipe Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya 
a.  Jaringan Nirkabel
     Jaringan nirkabel adalah jaringan yang tidak   menggunakan media kabel,              tetapi    menggunakan   gelombang radio sebagai   media transfernya.                            Kelemahan jaringan   nirkabel adalah sebagai   berikut :
Biaya perawatan mahal
Keamanan dan kerahasiaan kurang terjamin
        • Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan.
b.    Jaringan Kabel
     Jaringan kabel adalah jaringan yang menggunakan kabel sebagai media transmisinya, kabel yang digunakan antara lain kabel optik, Fiber Optic, Shielded Twisted Pair, dan UnshieldTwisted Pair.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar